Langsung ke konten utama

Rindu kamu bu,


Kita semua ga pernah tau besok jadi apa dan peran apa, yang penting saat skenario datang dari penulis, mainkan peran terbaik, karena sutradara selalu menilai. Begitu kata Steny Agustaf yang tak sengaja kubaca di dinding Instagramnya. Menuliskan hal yang sesungguhnya terjadi dalam hati itu sungguh mudah, tapi sayangnya saat ini diri ini ragu untuk menuliskannya karena sepertinya jemari ini berat mengetiknya, merangkai kata demi kata menggambarkan kerinduan mendalam.

20 hari ibu pergi untuk selamanya, bulan mei nanti usia ibu 50 tahun, belum puas rasanya kumerawatnya, bebicara semua hal dengannya, mengantar ibu belanja kemana saja ibu mau, memasak makanan kesukaannya, beli uduk di minggu pagi, makan masakan ibu yang rasanya enak dan belum bisa kutiru meskipun cara memasaknya sama, beberes rumah supaya nyaman ditempati, membuat jus dan jeli yang rasanya asli buah dan menyegarkan dan masih banyak lagi yang kurindukan bersamamu bu.


Teringat saat hari kedua ibu pergi, aku masih berteriak menanyakan “bu, anduk baru dimana?” “bu, betadin dimana?” perlahan nada suara itu kukecilkan, tersadar ibu dah ga ada. Aku rindu sekali bu dengan semua hal yang ibu siapkan hingga hal terkecil. Bahkan ada hal yang ibu siapkan sebelum pergi “baju untuk acara khusus” baju itu cantik sekali. Sabtu siang ibu memanggilku untuk mencoba baju itu di kamarnya, ibu membantuku mengenakannya karena bersleting belakang. “cantik, pas banget untuk kamu pake kalo ada acara khusus”. “cantik banget ini mah bu bajunya, eh tapi ini kepanjangan”. “iya, selalu kepanjangan kalo kamu yang pake, kurang tinggi sih”. Kami tertawa dan berencana ke tukang jahit langganan untuk menarik kain bagian dada kerena bagian bawah baju ada pernak perniknya.
Baju khusus yang cantik itu aku gantungkan kembali ke lemari ibu, sambil berfikir kapan kupakai baju special ini, mungkin saat wisuda S2 tapi masih lama banget, masuk kuliah aja belum atau mungkin saat tunangan nanti, ahh resepsi pernikahan juga oke, yang pasti akan ku pakai saat momen istimewa.
Ada banyak hal yang selalu diingat dimataku bu, hari ke-20 ibu pergi yang kurindukan dan benar-benar merasa kehilangan adalah every night, when I’m not with you bu, always call me before sleeping. Hanya sekadar menanyakan “sedang apa, sudah shalat isya? Dah makan belum de?”
Semua orang tau ibu orang baik, banyak kesan yang selalu diingat banyak orang, kepergiannya menjadi energi untuk selalu berusaha lakukan yang terbaik. Semuanya ingin bertemu kembali denganmu bu, kita berkumpul lagi di syurga ya bu. Kita yang ditinggalkan, hanya bisa berdoa dan meneruskan jalan carita kehidupan, menjalankan skenario Nya dengan baik dari apa yang sudah Allah tuliskan.
Jazaakumallahu khairan atas doanya dari keluarga besar, sahabat, guru dan teman-teman, yang mengenal ibu, jika ada salah mohon dimaafkan.








Bogor, 20 Feb’19
Di waktu Duha, di pojok kamar penuh tisu

Komentar

  1. Allah is the best planner ai, keep going on. Insya Allah diberikan yang terbaik.
    (Karena penasaran aku langsung buka blog nya) 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabbal alamiinn, Jazakillah wi dah mampir k blog ini 😆

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk Pelaksanaan & petunjuk tertulis Lomba Mewarnai, Menggambar, dan melengkapi Gambar SD

Petunjuk Pelaksanaan Tema kegiatan            : “Ja galah Tanah dan Air untuk Masa Depan .” Kegiatan ini dilaksanakan pada       :                                                                                                                  Hari/Tanggal    : Minggu , 27 April 201 4 Waktu              : Pkl. 0 7 . 3 0 – 10. 3 0 WIB Tempat             : Pelataran Parkir Laboratorium Biologi I (LBI) FMIPA Unila Pendaftaran peserta tanggal 1 Maret – 26 April 201 4 . Menyerahkan formulir pendaftaran paling lambat 26 April 201 4 pada jam kerja (Pkl. 08.00 – 15.00 WIB). Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 40 .000 Peserta telah memenuhi ketentuan administrasi dan terdaftar. Peserta wajib berada di tempat 30 menit sebelum waktu pelaksanaan lomba dimulai. Peserta wajib mengenakan tanda peserta. Peserta diusahakan memakai pakaian seragam sekolah. Peserta wajib mengikuti semua peraturan pelaksanaan lomba, yaitu : -    

Menjaga Ekosistem Pantai dan Laut Demi Keanekaragaman Makhluk Hidup

Klub selam Anemon Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA-Unila) mengadakan kegiatan Coral and Coastal Clean Up (CCCU) 2015 di Teluk Pengantin, Pulau Tegal kabupaten Pesawaran provinsi Lampung pada 27/02 - 01/03. Hamparan pasir putih dan terhalus di provinsi Lampung, serta air laut yang biru dan jernih memperlihatkan bibir pantai berkarang indah terlihat dari kejauhan. Pulau kecil berpenghuni 33 kepala keluarga ini menyajikan bibir pantai untuk dinikmati keindahannya. Dalam rangkaian kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan diantanya adalah bersih-bersih pantai dan laut di lingkungan pesisir pantai Teluk Pengantin dari garis pantai yang biasa dilalui dengan panjang berkisar 150 M. Menurut ketua pelaksana kegiatan, Arif Rahmat Dwi Putra menjelaskan pentingnya menjaga ekosistem laut dan pantai dari kerusakan. Penyebab utama kerusakan tersebut adalah sampah. “keberadaan sampah yang tersangkut di daerah terumbu karang tentu sangat menggangg

Hidup Layaknya Sang Ikan Salmon

Azan kembali berkumandang, senja yang ku nikmati sesaat sudah merayap hitam bertabur kerlip bintang dan si cantik rembulan malu-malu memancarkan cahaya. Disela istirahatku yang singkat, sudah saya rencanakan beberapa agenda setelah shalat isya dan makan malam bersama teman kos, saya merencanakan untuk menulis sebuah catatan tentang hidup, hidup layaknya sang ikan salmon. Kenapa ikan salmon? Begini kisahnya: Ada sebuah cerita dari nelayan Jepang yang mencari ikan di tengah lautan luas. Lautan tersebut cukup jauh dari daratan. Mereka menangkap ikan–ikan salmon untuk dibawa ke daratan. Orang–orang jepang tentu menginginkan ikan yang segar namun ikan salmon yang dibawa para nelayan tersebut telah mati ketika sampai di daratan sehingga tidak segar lagi. Hal ini membuat para nelayan berpikir bagaimana caranya agar ikan yang ditangkap di lautan tidak mati ketika sampai di daratan. “Ah… Mungkin kita harus menaruh ikan-ikan hasil tangkapan di bak berisi air dalam kapal supaya ikan